6 Hal Yang Membuat Komputer Lemot

BT-BeritaTerupdate.com - Komputer yang lemot sangat mengesalkan apalagi jika sedang terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu. Marah-marah hanya melampiaskan emosi tanpa guna. Ingin Membeli Komputer Baru tapi harga komputer tidak  murah, meskipun punya cukup uang untuk membelinya, tapi sebaiknya berdayakan dulu apa yang telah dimiliki jika spesifikasi komputer anda sebenarnya masih mumpuni untuk melakukan pekerjaan anda.
Komputer dengan processor terbaru pun bisa menjadi lemot, jika anda tidak merawatny. Jika anda sedang mengalami masalah tersebut, anda tidak perlu kuatir, kali ini BT-BeritaTerupdate.com akan membahas Cara Agar Komputer Tidak Lemot serta cara mengatasinya untuk membantu anda.
MejaVIP.com

1. Telalu Banyak Program Startup
Ketika menghidupkan komputer, terdapat beberapa program yang secara otomatis langsung berjalan pada saat awal masuk ke layar desktop windows atau startup. Lamanya loading komputer, akan sangat di pengaruhi oleh banyaknya program startup, semakin banyak program akan semakin memperlama loading komputer.
Untuk itu program startup harus dibatasi, jangan sampai terlalu banyak hingga membuat komputer kita menjadi lemot. Berikut cara mengurangi program startup di Windows:
  1. Klik Start -> Run atau tekan Win + R
  2. Ketik msconfig lalu tekan enter
  3. pilih Tab Startup
  4. hilangkan checklist pada program yang tidak ingin dijalankan pada saat startup.
  5. Anda bisa memilih opsi disable all untuk men-unchek semua program, tapi ini tidak disarankan untuk dilakuan. Beberapa program misalnya antivirus, sebaiknya dijalankan saat startup
2. Terlalu Banyak Program yang di Install
Saat membeli  komputer biasanya penjual menginstall banyak sekali program, kadangkala tidak semua program tersebut kita butuhkan. Terkadang ada juga dua buah program yang serupa/ sejenis, padahal kita bisa memakai salah satunya saja. 
Banyaknya program yang terinstall memepengaruhi kapasitas memori pada komputer, dan tentunya mempengaruhi kinerja komputer. Sebaiknya kita meng-uninstall program yang tidak diperlukan supaya kapasitas ruang memori lebih lapang, dan kinerja komputer tidak terlalu berat.
Berikut cara untuk meng-uninstall program komputer:
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Menu Uninstall Program dan pilih Program yang ingin di Uninstall
  3. Klik menu Uninstall lalu tunggu hingga proses peng-uninstallan selesai.

3. Terlalu Banyak ‘Sampah’ yang tidak di bersihkan
Seperti halnya rumah, komputer juga menyimpan banyak ‘sampah’ digital yang kita hasilkan pada saat menggunakan komputer. Sampah tersebut bisa berupa file-file yang kita hapus, temporary files, recent Places, atau history dan cookies pada browser. File yang kita hapus, tidak benar-benar dihilangkan dari komputer, file-file tersebut akan tersimpan dalam Recycle Bin kecuali jika kita menghapusnya secara permanent. Kita harus menghapus file-file sampah tersebut secara berkala, agar tidak memenuhi ruang pada memori dan memperlambat kinerja komputer
4. Terserang Virus/ Malware/ Spyware
Jika komputer terserang virus/ malware/ spyware, selain komputer menjadi lambat juga berpotensi merusak data-data yang tersimpan dalam komputer hingga mengancam privasi anda jika anda menggunakannya untuk berselancar di dunia maya. Untuk membendung datangnya virus, tentu anda harus menginstall antivirus. Pilihlah antivirus yang terpercaya, jangan memasang sembarang antivirus.

5. Kapasitas RAM Kurang
Random Acces Memory (RAM) merupakan sebuah penyimpanan data sementara. Tugasnya menyimpan data/ intruksi dari processor. Oleh karenan itu RAM komputer berperan penting saat menjalankan suatu program. Jika data/ instruksi yang di eksekusi prosesor saat menjalankan suatu program terlalu berat, maka kinerja komputer akan melambat, karena terbatasnya ruang memori. Hal ini bisa terjadi jika anda menginstal software baru pada komputer lama, atau jika anda membuka terlalu banyak program sekaligus.
6. Spesifikasi Komputer tidak memadai
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat software-software terbaru menjadi lebih detai dan kaya fitur yang tentu menambah ukuran software tersebut. Untuk itu, jika anda menggunakan software baru pada komputer lama, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja komputer. Jenis processor yang digunakan, kapasitas RAM, Hardisk dan VGA pada komputer akan sangat berpengaruh

Komentar

Postingan Populer